Sunday, January 22, 2012

Kenapa harus beli? Mari kita buat KEFIR saja




Peralatan untuk membuat Kefir
Toples plastik atau beling/kaca, saringan plastik, sendok plastik atau solet plastik
Juga botol untuk menyimpannya
Kulkas atau refrigerator untuk menyimpannya

Bibit Kefir Rp 10.000 per gram nya
Bahan-bahan dan Komposisi nya :
Air Kelapa segar, Susu segar, Bibit Kefir (lihat gambar di atas)

1 gelas susu segar murni + 1 gelas air kelapa segar + 10 gram bibit Kefir campur dalam toples (kaca atau plastik) yang bersih, aduk pelan sampai bercampur rata, kemudian tutup dan letakkan di tempat yang bersih bebas dari sinar terang spt cahaya matahari. Kemudian biarkan diperam selama 48 jam, setelah waktu tersebut, siap di panen

Menyaring Kefir yang sudah jadi dan memisahkan Kefir dari Bibit Kefir :
Saringan plastik letakkan diatas toples plastik yang bersih, kemudian tuangkan hasil pemeraman di atas saringan tersebut, kemudian untuk membantu tersaringnya campuran larutan ini, gunakan sendok plastik untuk mengaduknya, hati-hati jangan sampai memencet hancur bibit nya. Saring terus sampai tuntas, sampai cream yang menempel pada Bibit Kefir tersebut hampir habis. Kefir yang sudah tersaring, siap dimasukkan dalam botol untuk disimpan dalam suhu 5  °C di kulkas.



Siap konsumsi, gunakan ukuran 200 ml 2x sehari, 3x sehari untuk kondisi badan yang tidak sehat.


Bibit Kefir yang sudah terpisah diatas saringan tadi, siap digunakan untuk membuat Kefir berikutnya. Sehingga apabila dalam 2 hari sekali kita membuat Kefir, maka bibit akan semakin bertambah banyak.



Menyimpan Kefir dan Bibit Kefir :

Seperti sudah dijelaskan di atas, Kefir yang sudah jadi dimasukkan dalam botol untuk disimpan dalam suhu 5  °C di kulkas dan siap konsumsi. Dan bibitnya pun apabila belum digunakan lagi, bisa disimpan dalam cara yang sama, masukkan dalam toples plastik kecil berikan sedikit susu untuk bekal makanan tidur nya si Bibit ini dalam suhu dingin.

Apabila masih belum jelas, silahkan konsultasikan dengan ahlinya.

TIPS MEMILIH SUSU YANG BAIK
SUSU YANG BAIK MEMPUNYAI BAU DAN RASA YANG SEDAP GURIH TIDAK AMIS ATAUPUN PRENGUS (KALAU PAKAI SUSU KAMBING). HATI-HATI KETEMU SUSU BER PENGAWET KARENA AKAN MEMBUNUH BIBIT KEFIR KITA INI. KALAU TIDAK ADA SUSU DAPAT DIGUNAKAN SUSU KEMASAN CAIR, PILIH YANG BERKUALITAS DAN TIDAK BERPENGAWET, TANDANYA KADALUARSA SUSU TERSEBUT TIDAK LAMA, MISALNYA 2 MINGGU. SUSU BERPENGAWET DAPAT MEMBUNUH BIBIT KITA, BIASANYA KADALUARSA NYA BISA 1 TAHUN LEBIH
UNTUK AIR KELAPA, TIDAK SULIT, CARI YANG SEGAR BARU DI BELAH DARI KELAPANYA, YANG MUDA DAN YANG KELAPA TUA TIDAK ADA BEDANYA.

SELAMAT MENCOBA


No comments:

Post a Comment